Kamis, 03 Maret 2011

Tools Development : Tortoise SVN

Saat ini internet telah menjadi bagian sehari - hari dari kehidupan kita, dalam pengembangan/development aplikasi internet juga telah merevolusi aplikasi. Salah satu hal yang sangat membantu dalam ruang lingkup kolaborasi tanpa jarak adalah adanya tools yang dikategorikan sebagai version control , dengan adanya jenis tools ini maka developer dapat saling berkolaborasi tanpa direpotkan oleh mekanisme edit/update yang rumit.


Bayangkan saja, ada satu project yang didukung oleh 100 orang developer, dimana setiap orang boleh mengekspresikan keinginan masing - masing ke dalam
SVN Konteks menu



project tersebut, sehingga setiap orang dapat dengan bebas memilih file yang akan di modifikasi. Jika, ada 1 file yang di modifikasi oleh 2 orang developer menggunakan menggunakan mekanisme copy paste maka hasil kerja developer sebelumnya akan menjadi sia - sia, karena pasti akan tertimpa oleh developer terakhir.



contoh folder dengan tools SVN aktif


Oleh sebab itu tools ini sangat diperlukan. Tools - tools ini antara lain : CVS (Concurrent Versioning System), SVN (Subversion), Mercurial, GIT. CVS digunakan oleh team developer awal - awal linux dikembangkan. Sedangkan saat ini developer bisa memilih ataupun menggunakan beberapa tools.

Tortoise SVN adalah, aplikasi client yang memudahkan penggunaan SVN dilingkungan windows. Tortoise SVN memberikan konteks menu yang terintegrasi dengan windows explorer, sehingga sangat membatu developer dalam bekerja sama.


Dengan mempelajari dan melatih diri menggunakan tortoise SVN , maka kamu telah siap sebagai developer opensource, karena di code.google.com banyak bertebaran aplikasi - aplikasi opensource yang menggunakan SVN ataupun Mercurial sebagai tools kolaborasinya. Kamu bisa memulai belajar tortoise SVN dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Install Tortoise SVN
  2. buat folder kosimpin di htdocs
  3. checkout kosimpin dengan cara , klik kanan->tortoise svn->checkout
  4. isi lokasi dengan http://kosimpin.googlecode.com/svn/trunk/

Bila gagal, pastikan internet telah tersambung, karena perintah checkout untuk mendownload kode dasar yang telah ada.

Perintah dasar SVN yang lain :

  1. Commit , mengupload bagian kode program yang telah mengalami pengeditan
  2. Update , mengecek dan mendownload bagian source program yang telah mengalami pengeditan.

Demikian pegenalan tools ini, dengan mempelajarinya, saya yakin anda akan merasa lebih pe-de dan akan lebih siap mengikuti proses yang terjadi di dunia kerja.

Happy Coding!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar / Pertanyaan