Selasa, 08 Maret 2011

Mengenal Konsep MVC : Model View Controller




Sejarah MVC
MVC , adalah singkatan dari model - view - controller. Konsep ini sudah digunakan sejak awal - awal digunakannya user interface (GUI). Dan sekarang MVC ini populer lagi di dunia web setelah kemunculan framework - framework pembantu yang dapat mempercepat pembuatan aplikasi.

Cara Kerja
Jika membahas cara kerja, maka saya sebenernya harus mengetahui dulu seberapa jauh pehamanan kamu tentang pemrograman. sehingga saya bisa menggunakan analogi yang mendekati. Nah saya anggap kamu semua bisa ataupun pernah membuat aplikasi desktop baik itu VB/Delphi/.NET

  • Model , secara umum kita bisa anggap sbagai klas khusus yang difungsikan hanya untuk akses data. Jika kita analogikan dengan VB maka model ini adalah adodb yang kita tempatkan pada module/class khusus, sehingga semua akses ke data akan melibatkan module/class tersebut.
  • View, Dalam analogi pemrorgraman visual, View adalah FORM ataupun REPORT, yaitu desain dari tampilan
  • Controller, Nah ini yang agak repot, karena biasanya hanya diajarkan akses data dan semua pembacaan melalui form. sehingga dalam VB/Delphi form berlaku sebagai View dan Controller. Jadi, gampangnya adalah, controller ini adalah program menu yang bertugas untuk menunjuk/memanggil form/view yang harus muncul.

PHP MVC dengan CodeIgniter
MVC dengan CodeIgniter terasa sangat langsung, model di dalam Codeigniter adalah klas yang berhubungan dengan database, sedangkan view adalah template/file html dan model adalah klas yang bertugas memanggil model dan menampilan view.

Ok,sampai sini dulu tulisan tentang MVC, selanjutnya saya akan menulis tahap demi tahap penggunaan Codeigniter. Happy Coding!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar / Pertanyaan