Jumat, 18 Mei 2012

Perulangan dengan Foreach

Hi, jumpa lagi dengan saya dalam tutorial pemrograman. Kali ini yang akan saya share adalah tentang penggunaan foreach. Foreach ini erat kaitannya dengan jenis - jenis kumpulan/collection seperti array,record,objects. Foreach sendiri jika diterjemahkan secara literal berarti untuk setiap. Jadi apabila kita mempunya sebuah collection/kumpulan yang berupa array dari string, maka dengan menggunakan foreach berarti kita mengulang sejumlah element pada array tersebut. contoh kode php :
<?php

   $nama_hari = array('minggu','senin','selasa','rabu','kamis','jumat','sabtu');

   //lakukan perulangan
   $c=1;
   foreach($nama_hari as $hari)
   {
      echo "Hari ke $c ". $hari ."
";
      $c++;
   }
?>
Kira - kira cukup jelas kode diatas ? , ok jika belum jelas saya perjelas. Kita mempunyai array bernama $nama_hari, dan isi array tersebut adalah nama - nama hari, bila biasanya kita melakukan perulangan berdasarkan jumlah array yaitu dengan $jumlah = count($nama_hari), kali ini kita menggunakan perintah foreach yang akan secara otomatis mengulang sejumlah element array. Selanjutnya , saya akan contohkan dengan compound assosiative array alias array assosiatif bertumpuk
<?php

   $perusahaan = array(
                      'AUTO'=>array('name'=>'Astra Otoparts','location'=>'Kelapa Gading, DKI Jakarta'),
                      'GDG'=>array('name'=>'Gudang Garam ','location'=>'Kediri , Jawa Timur'),
                      'BCA'=>array('name'=>'PT. Bank Central Asia','location'=>'Jakarta Pusat, DKI Jakarta')
                      );

   //lakukan perulangan
   $c=1;
   foreach($perusahaan as $key => $val)
   {
      echo "Nama Perushaan ke $c ". $val['name'] ."
";
      $c++;
   }
?>
Bagaimana dengan kode diatas ? cukup jelas ? , semoga cukup jelas ya. Dan karena di php object dan assosiative array bisa dikonversi bolak - balik, maka kodenya pun bisa kita ubah :) , coba tebak . Ya, bagi yang menjawab dengan perintah $oval = (object) $val saya kasih nilai 100! Baik, sekian dulu share saya kali ini, semoga tetap semangat dalam mengejar karir dan hobby :) Happy Coding!

1 komentar:

Isi Komentar / Pertanyaan