Kamis, 08 Desember 2011

Mengenal Code Styling

Apa Itu Code Styling
Hm, Untuk yang belom pernah dengan apa itu code styling, tentu bertanya - tanya nih :) . Jadi Apa itu Code Styling, Code styling adalah cara penulisan kode program yang disepakati antar developer/programmer. Code Styling meliputi cara penulisan class,function,variables,tabulasi dan lain sebagainya tergantung kesepakatan antar programmer tersebut. Code styling ini juga biasanya menjadi satu aturan yang dianjurkan oleh bahasa pemrograman/framework tertentu seperti Java/C# maupun Objective C - XCode, masing - masing menerapkan Code styling.

Mengapa Perlu Menggunakan Code Styling
Mengapa perlu Code Styling ? , code styling digunakan untuk memudahkan komunikasi antar programmer, misal jika programmer melihat suatu variable yang mengikuti aturan codestyle tertentu , maka programmer tersebut akan yakin bahwa memang benar yang diliat itu adalah variable.
Contoh Code Styling
Beberapa Contoh Code styling :
  • Camel Case - code styling ini menggunakan hurup besar sebagai pembatas. Contoh : Untuk class , nama class diawali huruf besar dan setiap kata pertamanya huruf besar. maka penulisannya menjadi --> class BukuBesar , oleh karena tulisan seperti berundak - undak seperti punggung unta maka istilahnya menjadi Camel Case.
  • UnderScore - Code styling ini menggunakan underscore sebagai pembatas kata dalam tiap class,function dan variable. Contohnya : class Buku_Besar

Demikian pengenalan tentang code styling, tulisan ini hanya sedikit dari yang bisa kamu cari di internet. Semoga bisa menambah wawasan dalam pemrograman. Happy Coding!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar / Pertanyaan