Senin, 26 Oktober 2009

ASP:Menggunakan Custom Server Object - Bagian 1 - Mengenal Pustaka Object Windows

Tahukah kamu, dengan menggunakan ASP dan mempunyai akses penuh ke server windows maka kita dipersenjatai oleh kekuatan windows?. Kekuatan windows yang dimaksud adalah akses untuk menggunakan seluruh pustaka object yang telah terdaftar di Windows.


Object Library/Pustaka Object
Masih bingung dengan kata - kata pustaka object ? OK, pustaka object atau Object Library adalah komponen program yang dapat kita gunakan untuk menambah kemampuan suatu aplikasi yang kita buat.Pustaka object ini ada didalam file - file .dll,lib ataupun ocx. Bagaimana cara mengetahu pustaka apa saja yang ada/terinstall di komputer anda ? Kita bisa menggunakan ms word (Office Secara umum) untuk mengetaui ini, karena ms word mempunyai fasilitas pemrograman.


buka antar muka pemrograman dengan cara (S.D. office 2003) : tools->macro->visual basic editor, lalu akan muncul tampilan visualbasic editor seperti ini :

ini adalah tampilan default pada saat kita membuat VisualBasic for application editor yang ada di Microsoft Office.

Untuk melihat komponen apa saja yang bisa digunakan, buka menu tools->references yang akan membawa kita ke daftar komponen seperti ini :


apabila kita perhatikan,maka terlihat dengan jelas bahwa komponen tersimpan dalam file - file bereekstensi dll,tlb ataupun ocx. Untuk menggunakan komponen tsb, centang pada checkbox komponen lalu klik ok. Saya memilih pustaka tersebut, lalu kita akan melihat Class apa sajakah yang ada dalam pustaka tersebut.

Buka menu : View->Object Browse (atau cukup tekan F2) , maka akan muncul tampilan seperti ini :



Terlihat dengan jelas bahwa kita menunjuk ke library ADODB , dan class Connection. Untuk yang pernah membaca artikel sebelumnya tentang koneksi ke database dalam asp, tentu ingat cara menggunakan class ini.

Kesimpulan

Pustaka Object windows dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi lebih kuat.
Pustaka Object windows tersimpan sebagai file dll,tlc ataupun ocx
Pustaka Object Windows terdaftar diregister windows
Programmer dapat membuat dan menambahkan Pustaka sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar / Pertanyaan